EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Siswa di SMA Negeri 13 Banjarmasin

Sahidah, Sahidah (2023) Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Siswa di SMA Negeri 13 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I Sahidah.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB II Sahidah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB III Sahidah.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV Sahidah.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB V Sahidah.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (834kB)

ABSTRAK

Berbagai jenis koleksi perpustakaan dapat membantu guru mengembangkan bahan pelajaran serta membantu siswa mendalami bahan pelajaran yang dipelajari di kelas. Ketika koleksi perpustakaan sekolah dimanfaatkan oleh siswa dengan tepat maka akan membantu siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat memperlancar kegiatan belajar di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di SMA Negeri 13 Banjarmasin dan kendala yang dihadapi siswa dalam memanfaatkan koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar di SMA Negeri 13 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, guru, kepala perpustakaan dan pustakawan SMA Negeri 13 Banjarmasin. Objek dalam penelitian ini adalah pemanfaatan koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar dan kendala yang dihadapi siswa dalam memanfaatkan koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar di SMA Negeri 13 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di SMA Negeri 13 Banjarmasin sudah dimanfaatkan tetapi belum maksimal, dari banyaknya jenis koleksi perpustakaan siswa hanya memanfaatkan koleksi buku teks dan buku penunjang pelajaran sedangkan buku fiksi, buku umum dan koleksi non buku lainnya kurang dimanfaatkan. Pemanfaatan dilakukan dengan cara peminjaman, mencatat informasi dari koleksi yang dipinjam dan membaca ditempat koleksi yang dibutuhkan. Adapun kendala siswa dalam memanfaatkan koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar yaitu lokasi ruang perpustakaan yang jauh dari beberapa kelas, tidak ada larangan penggunaan handphone ketika pembelajaran dan kurangnya penerangan pada ruang perpustakaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:58
Last Modified: 17 Jul 2023 00:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23727

Actions (login required)

View Item View Item