EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Efektivitas Konseling Kelompok Realitas Berbasis Islami untuk Mereduksi Perilaku Phubbing Siswa MAS Darul Ulum Kotabaru

Aina, Raifa Ermila (2023) Efektivitas Konseling Kelompok Realitas Berbasis Islami untuk Mereduksi Perilaku Phubbing Siswa MAS Darul Ulum Kotabaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
AWAL .pdf

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (682kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (927kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (356kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Semakin maju perkembangan zaman maka semakin berkembang teknologi yang ada, contohnya gawai dengan segala macam kegunaan namun diluar dari itu juga muncul dampak negatif penggunaan gawai yaitu menyebabkan gangguan sosial seperti gangguan interaksi sosial akibat kecanduan gawai. Hal ini karena kemudahan yang diberikan gawai seringkali membuat penggunanya melebihi waktu batas wajar, menimbulkan perilaku “acuh tak acuh” atau tidak peduli terhadap lingkungan sekitar perilaku ini disebut dengan istilah phubbing. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok realitas berbasis islami dalam mereduksi perilaku phubbing di Madrasah Aliyah Darul Ulum Kotabaru. Metode penelitian dari penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan one group pretest and posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan angket observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pretest yang dilakukan pada populasi, didapati sebanyak 63% siswa mengalami phubbing, dari hasil tersebut kemudian diambil sampel sebanyak sebanyak 8 siswa yang akan diberikan treatment layanan konseling kelompok dengan teknik realitas berbasis islami. hasil pretest sampel menunjukan nilai rata-rata 73,8 yang artinya tinggi, setelah diberikan treatment hasil menunjukan perubahan yaitu terjadi penurunan phubbing dengan hasil rata rata posttest 54,3 kategori rendah. Hasil Uji normalitas menunjukkan nilai 0,163 dan 0,513 berarti normal, uji homogenitas menunjukan 0,192 dalam varian homogen. Hasil N.Gain Score menunjukan efektivitas -95,69% yang artinya mengalami pengurangan. Adapun hasil uji Hipotesis berada pada signifikansi 0,001 maka Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan layanan konseling kelompok dengan teknik realitas berbasisi islami efektif untuk mereduksi perilaku phubbing siswa Madrasah Aliyah Darul Ulum Kotabaru.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:59
Last Modified: 21 Jul 2023 02:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24007

Actions (login required)

View Item View Item