EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

استخدام التعليم الإلكتروني خلال كوفيد ١٩ في تعليم اللغة العربية في مركز تطوير اللغات بجامعة أنتساري الإسلامية الحكومية بنجر ماسين العام الدراسي ۲۰۲۱۱۲۰۲۰م "Pembelajaran E-learning Menggunakan Media Online Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Bahasa Arab di Unit Pelayanan Bahasa (UPB) UIN Antasari Banjarmasin Tahun Ajaran 2020/2021"

Tamami, Muhammad Miftahurrahman (2023) استخدام التعليم الإلكتروني خلال كوفيد ١٩ في تعليم اللغة العربية في مركز تطوير اللغات بجامعة أنتساري الإسلامية الحكومية بنجر ماسين العام الدراسي ۲۰۲۱۱۲۰۲۰م "Pembelajaran E-learning Menggunakan Media Online Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Bahasa Arab di Unit Pelayanan Bahasa (UPB) UIN Antasari Banjarmasin Tahun Ajaran 2020/2021". Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (759kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (682kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (909kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (600kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Latar belakang dalam penelitian ini ialah Pembelajaran e-learning menggunakan media online telah diterapkan di Unit Pelayanan Bahasa (UPB) Universitas Negeri Islam Antasari (UIN) Banjarmasin sejak mulai berlakunya Work From Home selama masa pandemi covid-19. Beberapa Media online yang digunakan yaitu, Zoom Meeting, Whatsapp Group, dan Google Classroom. Materi yang disampaikan menggunakan Powerpoint, rekaman video singkat, dan bahan bacaan. Akan tetapi selama dalam proses pelaksaaan pembelajaran e-learning perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui langkah data bagaimana pembelajaran secara online. Jenis metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber. Sedangkan analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran E-learning menggunakan media online masa pandemi Covid-19 pada mata kuliah Bahasa Arab di Unit Pelayanan Bahasa UIN Antasari Banjarmasin Tahun Ajaran 2020/2021 ialah dengan menggunakan media online berupa WhatsApp, Google Classroom, Google Meet, Zoom, Youtube dan Facebook namun hasil dari pembelajaran daring tersebut masih kurang efektif. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran E-learning menggunakan media online masa pandemi Covid-19 pembelajaran di Unit Pelayanan Bahasa (UPB) Tahun Ajaran 2020/2021 ialah bagi tutor kurangnya respon dari mahasiswa pada saat pembelajaran, mahasiswa banyak yang melewati batas waktu untuk pengumpulan tugas, pada saat ujian tutor tidak bisa memastikan mahasiswa mengerjakan soal dengan jujur atau tidak. Adapun kendala bagi mahasiswa ialah sinyal yang kadang hilang, biaya kuota yang besar dan lingkungan dekat rumah yang kadang membuat mahasiswa tidak fokus pada saat menerima materi perkuliahan Bahasa Arab.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 26 Jul 2023 00:53
Last Modified: 26 Jul 2023 00:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24236

Actions (login required)

View Item View Item