EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Bemuatan Kearifan Lokal dengan Metode STEM pada Materi Fluida Statis

Samsudinor, Samsudinor (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Bemuatan Kearifan Lokal dengan Metode STEM pada Materi Fluida Statis. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian dilatar belakangi karena ditemui adanya kejenuhan siswa terhadap pembelajaran fisika dan pelaksanaan pembelajaran lebih sering terfokus kepada guru. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana validitas Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dengan Metode STEM pada Materi Fluida Statis dan mengetahui bagaimana respon peseta didik terhadap validitas Modul Pembelajaran Fisika Bermuatan Kearifan Lokal dengan Metode STEM pada materi Fluida Statis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penegmbangan (Resech and Develpmentt). Model yang digunakan adalah Model ADDIE yang dikembangkan oleh Dik and Carry 1996. Model ADDIE ini dimulai dari tahap analiyze, tahap design, tahap development, tahap implementation dan tahap evaluation. Tahap validasi melibatkan dua tim ahli yaitu tim ahli materi dan tim ahli media. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Alalak pada semester ganjil tahun ajaran 2021-2022. Subjek penelitian adalah siswa SMAMN 1 Alalak berjumlah 28 orang. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan lembar angket. Kemudian data dianalisis secara kaulitatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul telah dikembangkan berrdasarkan tahap (ADDIE) analiyze, tahap design, tahap development, tahap implementation dan tahap evaluation. Hasil validitas modul menunjukkan bahwa hasil produk ahlii materi layak digunakan dengan persentase 82,48%, hasil validasi oleh ahli media layak dengan persentase 85,76%, sehingga diperoleh validitas rata-rata keseluruhan modul adalah 84,12% dengan kategori layak.. Hasil respon peserta didik terhadap modul memperolah nilai 94,82% pada sapek ketertarikan, 90,13% pada aspek materi, 88,51% pada aspek bahasa dan 88,36 pada aspek manfaat dan kegunaan, sehingga rata-rata keseluruhan repon peserta didik adalah 90,33% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:02
Last Modified: 26 Jul 2023 07:02
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24288

Actions (login required)

View Item View Item