EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Pendidikan Pada Lembaga Pendidikan Islam Ma’had Bakkah Yayasan Sa’adah Martapura

Makie, Haji Ahmad (2023) Manajemen Pendidikan Pada Lembaga Pendidikan Islam Ma’had Bakkah Yayasan Sa’adah Martapura. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Untuk mendukung perkembangan pendidikan diperlukan manajemen yang sesuai untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Permasalahan yang dapat muncul dalam memanajemen sebuah lembaga pendidikan seperti fasilitas pendukung belajar mengajar, tenaga pengajar yang kurang berkompeten dibidangnya, perkembangan peserta didik yang tidak terpantau dengan baik atau proses penerimaan peserta didik yang memerlukan pertimbangan agar dapat menerima peserta didik yang siap untuk diberikan pembelajaran berdasarkan kurikulum yang ada di lembaga pendidikan tersebut. Oleh karena itu diperlukan manajemen yang baik dari segala aspek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sumber daya manusia, sarana prasarana dan kesiswaan pada lembaga pendidikan Islam Ma'had Bakkah yayasan Sa'adah Martapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang digali dari informan dengan teknik pengumpulan data yaitu: wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan kekuatan, triangulasi dan berkonsultasi dengan pembimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sumber daya manusia yang ada di lembaga Ma’had Bakkah telah dilaksanakan dengan baik dari proses perekrutan, proses pengembangan kinerja karyawan hingga tunjangan yang diberikan. Para pengajar di Ma’had Bakkah telah diseleksi dengan baik dan memiliki dedikasi pengetahuan serta pengalaman mengajar dibidangnya masingmasing dengan latar belakang disiplin ilmu dari lulusan perguruan tinggi luar negeri maupun dalam negeri. Selain itu dari manajemen sarana prasarana diketahui sudah efektif dan efisien yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan sekolah serta selalu dilakukan pengontrolan secara berkala. Sarana yang tersedia seperti masjid, gedung asrama, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium bahasa, kantin sehat, unit kesehatan siswa, media berdakwah serta sarana olah raga yang meliputi lapangan, tenis meja, futsal dan lain sebagainya Pada manajemen kesiswaan sudah memiliki prosedur yang memadani dari proses penerimaan peserta didik dengan beberapa syarat yang diajukan seperti kelengkapan pendaftaran, kemampuan anak dalam akademik, tes hafalan Al Qur’an, orientasi, penilaian perkembangan, psikotes serta pelaksanaan evaluasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:14
Last Modified: 21 Sep 2023 08:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24940

Actions (login required)

View Item View Item