EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Program Bunda PAUD Di TK Islam Mujahidin Pangkalan Bun Kalimantan Tengah

Yulianti, Herma (2023) Implementasi Program Bunda PAUD Di TK Islam Mujahidin Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB ll.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB lll.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Tercatat sebanyak 83 lembaga PAUD di Kota Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, tersebar di seluruh wilayah di tingkat kabupaten, kecamatan dan di desa. Besar akan sebagian dari lembaga PAUD tersebut memberikan pelayanan namun tidak terintegrrasi, kemudian ternyata masih banyak AUD yang belum terlayani secara maksimal. Oleh karena itu, layanan PAUD sangat dibutuhkan untuk menyelenggarakan lebih dari satu bentuk layanan PAUD sebagai bentuk PAUD terpadu, dengan pendekatan holistik terpadu. TK Islam Mujahidin merupakan TK PAUD satu-satunya yang mendapatkan sambutan baik oleh lembaga-lembaga terkait. kemudian peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada kepala sekolah dan guru ada di sana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk program Bunda PAUD dan bagaimana implementasi program Bunda PAUD dalam mewujudkan PAUD Holistik Integratif, dengan subjek kepala sekolah dan 1 orang guru di TK Islam Mujahidin Pangkalan Bun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data Miles & Hubermasn dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di TK Islam diketahui bahwa bentuk program Bunda PAUD terdapat 6 bentuk program yang dilaksanakan. Mendorong peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan, Mendorong konsumsi makanan sehat bergisi dan berkualitas, Mensosialisaikan bahaya makanan ber MSG, Mendorong terciptanya PAUD Holistik Integratif, Harmonisasi kegiatan Bunda PAUD, dan Pembinaan dan pengawasan layanan PAUD berkualitas. Bentuk implementasi program Bunda PAUD dalam mewujudkan PAUD Holistik Integratif terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan program, pelaksanaan program dan evaluasi program. Adapun pada tahap perencanaan terdapat pengelola, tujuan, sasaran, bahan ajar, metode belajar, media, metode evaluasi, tempat dan waktu, sumber belajar, kegiatan dan dana. Sedangkan pada tahap pelaksanaan terdapat tujuan, kegiatan, sumber belajar, materi, metode, waktu dan media. Dan pada tahap evaluasi terdapat 2 bentuk evaluasi yaitu evaluasi program dan evaluasi belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:47
Last Modified: 10 Oct 2023 07:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24976

Actions (login required)

View Item View Item