EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implemantasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Sekolah di MIN 4 Banjar Sungai Lulut

Mansur, Mansur (2024) Implemantasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Sekolah di MIN 4 Banjar Sungai Lulut. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (45kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar Belakang dari penelitian adalah mengenai Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di MIN 4 Banjar. Implementasi Pendidikan karakter menuntut pendidik untuk berkontribusi dalam penanaman nilai-nilai karakter, dalam rangka untuk menjadikan peserta didik yang mempunyai karakter yang baik, dengan melalui budaya dan kearifan lokal yang masih di terapkan dalam Lembaga masing-masing. Tujuan penelitian ini untuk mengeahui implemnetasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di MIN 4 Banjar Sungai lulut serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi Pendidikan karakter di MIN 4 Banjar. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam bentuk menjabarkan data dalam bentuk deskriftif. Objek peda penelitian ini adalah kegiatan dan penerapan Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumntasi. Sementara untuk menganalisis datamenggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ialah bahwa benar adanya Pendidikan karakter di MIN 4 Banjar, mealalui kearifan lokal sekolah yang masih diterapkan hingga saat ini. Diketahui bahwa berbagai macam penerapan dan kegiatan yang dapat melatih atau menumbuhkan karakter peserta didik, yaitu penerapan budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) sebelum peserta didik masuk ke sekolah, kegiatan pembacaan surah Yasin, Al-Waqi’ah, Al-Mulk dan pembacaan doa, Selamat sebelum Kegaiatan Belajar Mengajar di mulai, kegiatan Jum,at Taqwa yang dilaksanakan setiap hari Jum.at sebelum Kegiatan Belajar Mengajar di Mulai, kegiatan memperingati hari besar islam dan hari besar nasional, Penerapan Sholat Berjamaah Dzuhur, kegiatan Olahraga, dan kegiatan pramuka. Adapun dari penerapa Pendidikan karakter pasti ada faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung ialah fasilitas, guru, orang tua, dan mencantumkan Pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah. Adapun faktor penghambatnya ialah kurangnya kesadaran peserta didik, sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 26 Jan 2024 00:59
Last Modified: 26 Jan 2024 00:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26009

Actions (login required)

View Item View Item