EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Indonesia Peserta Didik MI Muhammadiyah Kertak Hanyar dengan Teknik Peta Konsep

Wafa, Nabilah (2024) Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Indonesia Peserta Didik MI Muhammadiyah Kertak Hanyar dengan Teknik Peta Konsep. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (645kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Bab II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Kemampuan kosakata sebagai salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah yang menempati peran yang sangat penting sebagai dasar peserta didik untuk menguasai materi pelajaran bahasa Indonesia dan penguasaan mata pelajaran lainnya. Penguasaan kosakata mempengaruhi cara berpikir dan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa, sehingga penguasaan kosakata dapat menentukan kualitas seorang peserta didik dalam berbahasa. Namun faktor yang mengakibatkan penguasaan kosakata peserta didik masih rendah adalah kurangnya minat atau semangat dalam membaca, hal ini diketahui berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, sehingga penguasaan kosakata peserta didik kurang berkembang, selain itu teknik yang digunakan di sekolah saat ini yaitu teknik ceramah yang mengakibatkan peserta didik mudah merasa bosan dan kurang maksimal dalam menyimak pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana teknik peta konsep dapat meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Indonesia Peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan desain penelitian oleh Kemmis dan MC, Taggart, dengan beberapa tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 MI Muhammadiyah Kertak Hanyar yang berjumlah 11 peserta didik. Objek penelitian ini adalah peran guru dan orang tua dalam pengembangan literasi baca tulis dan numerasi peserta didik di MIN 4 Banjar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan deskriptif kuantittaif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kosakata bahasa Indonesia melalui Teknik peta konsep pada peserta didik kelas 3 ditunjukkan pada hasil data yang diperoleh peserta didik dengan nilai rata-rata pada data awal atau prasiklus sebesar 40,3 kriteria cukup, siklus I sebesar 72,6 kriteria baik, dan siklsu II sebesar 88 kriteria sangat baik. Kesimpulan penelitian bahwa dengan menggunakan teknik peta konsep kemampuan kosakata bahasa Indonseia peserta didik dapat meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:33
Last Modified: 29 Jan 2024 01:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26058

Actions (login required)

View Item View Item