EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Integrasi PAI-BP dalam Kurikulum Merdeka Berkarakter Profil Pelajar Pancasila di SD Penggerak Kota Banjarbaru

Arifah, Muna (2023) Integrasi PAI-BP dalam Kurikulum Merdeka Berkarakter Profil Pelajar Pancasila di SD Penggerak Kota Banjarbaru. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (104kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (515kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kata Kunci: Integrasi, PAI-BP, Kurikulum Merdeka, Sekolah Penggerak Perubahan kurikulum menjadi kurikulum merdeka diharapkan dapat menutupi ketertinggalan pendidikan pasca pandemi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program sekolah motivasi atau program sekolah penggerak. Diharapkan mampu menciptakan ekosistem pendidikan yang sesuai dengan visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui penciptaan peserta didik pancasila. Kurikulum merdeka menginginkan adanya SDM yang berkualitas yang mampu mengintegrasikan materi dengan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila sebagai tujuan utama perubahan kurikulum ini. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Dilaksanakan di tiga SD Penggerak kota Banjarbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi PAI-BP kurikulum merdeka berkarakter profil pelajar Pancasila di SD penggerak yang meliputi: (a) tujuan dan perencanaan pembelajaran PAI-BP, (b) kegiatan pembelajaran PAI-BP, (c) metode pembelajaran untuk mengintegrasikan PAI-BP dalam kurikulum merdeka berkarakter profil pelajar Pancasila, (d) materi yang digunakan untuk mengintegrasi PAI-BP pada kurikulum merdeka berkarakter profil pelajar Pancasila (e) evaluasi dan penilaian untuk mengintegrasikan PAI-BP dalam kurikulum merdeka berkarakter profil pelajar Pancasila di SD Penggerak kota Banjarbaru. Hasil penelitian menunjukkan integrasi PAI-BP dalam kurikulum merdeka berkarakter profil pelajar Pancasila dengan cara: (a) Tujuan dan perencanaan PAI-BP dijabarkan dengan mengaitkan dimensi profil pelajar Pancasila. (b) Kegiatan pembelajaran PAI-BP mengintegrasikan dengan karakter profil pelajar Pancasila baik belajar dikelas atau melalui kegiatan P5 (c) Metode pembelajaran PAI-BP dalam kurikulum merdeka menghendaki guru mengajar untuk mengaktifkan peserta didiknya. Metode digunakan bervariasi sesuai dengan daya kreatifitas guru PAI-BP. (d) Materi pembelajaran PAI-BP wajib dikaitkan dengan dimensi karakter profil pelajar Pancasila (e) Evaluasi dan penilaian dilaksanakan dari awal tahun ajaran baru dengan cara assessment diagnostik. Evaluasi dan penilaian juga dilaksanakan pada akhir Semester. Soal di buat sendiri oleh guru. Rubrik penilaian sikap sehari-hari yang diintegrasikan dengan dimensi karakter profil pelajar Pancasila yang sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 12 Feb 2024 00:12
Last Modified: 12 Feb 2024 00:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26179

Actions (login required)

View Item View Item