EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kelas 4 SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin Timur

Rizqi, Annisa Nur (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kelas 4 SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin Timur. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan Annisa NuR Rizqi.pdf

Download (170kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (603kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

ABSTRAK

Profil pelajar Pancasila merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan karakter pelajar di Indonesia yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila, yang bertujuan untuk mengembangkan soft skill dan membangun profil karakter siswa Pancasila. Adapun setiap program pasti memiliki kelebihan dan kekuranganya masing masing termasuk pembelajaran yang berbasis proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Kelebihan dari pada pembelajaran penguatan profil pelajar Pancasila ialah mendorong peserta didik menjadi lebih kreatif,kritis,dan berjiwa bebas. Kekurangan dari pembelajaran penguatan profil pancasila membutuhkan waktu dan sumber daya yang cukup baik dari segi materi, pengorganisasian maupun penilaian hasil projek.Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila pada kelas 4 SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin Timur serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. subjeknya adalah 1 orang guru kepala penanggung jawab projek, 1 orang guru kelas IV, 8 orang siswa kelas IV SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin Timur, dan kepala sekolah SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin Timur. Sedangkan objeknya adalah implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila serta faktor pendukung dan penghambatnya.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. hasil penelitian ini adalah mengetahui implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila serta faktor pendukung dan pemghambatnya.adapun rangkaian dari projek penguatan profil pelajar pancasila ini yaitu perencanaan, pelaksanaans dan evaluasi. perencanaan yang diawali dengan pembentukan tim fasilitator, identifikasi kesiapan satuan pendidikan, merancang tema,dimensi, alokasi waktu, dan menyusun modul ajar. pelaksanaan diawali dengan pengenalan, kontekstualisasi, aksi dan refleksi. evaluasi diawali dengan perancangan rapor projek, hasil asesmen, proses evaluasi dan tindak lanjut. faktor pendukung meliputi latar belakang pendidikan guru, antusias peserta didik, dan sarana prasarana, faktor penghambat meliputi waktu dan dana.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mr Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:05
Last Modified: 04 Apr 2024 02:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26386

Actions (login required)

View Item View Item