EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Spiritualitas terhadap Body Image pada Santriwati Pondok Pesantren Darussalam Martapura

Fauziah, Khoirunnisa (2024) Pengaruh Spiritualitas terhadap Body Image pada Santriwati Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN (1).pdf

Download (249kB)
[img] Text
AWAL (1).pdf

Download (666kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB III (1).pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (407kB)
[img] Text
LAMPIRAN (2).pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pada masa remaja, persepsi mengenai bentuk tubuh merupakan satu hal yang mendapatkan perhatian serius. Apabila remaja tersebut dapat menerima dan puas dengan keadaan tubuhnya maka ia dapat mengembangkan body image yang positif, sebaliknya jika ia tidak dapat menerima dan merasa tidak puas dengan tubuhnya, maka berkembanglah body image yang negatif. Remaja dengan body image negatif dapat mengalami dampak yang buruk dalam kehidupannya. Salah satu karakteristik yang dapat mendukung dan mempertahankan citra tubuh atau body image yang positif adalah spiritualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh spiritualitas terhadap body image. Responden pada penelitian ini ialah 234 santriwati dengan rentang usia 13-18 tahun. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan rancangan survei. Alat ukur yang digunakan ialah Daily Spiritual Experience Scale (DSES) dan skala body image. Analisis data menggunakan uji analisis regresi linier sederhana yang dilakukan dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada variabel spiritualitas sebagian besar responden termasuk ke dalam kategori spiritualitas tingkat tinggi dengan persentase sebesar 95,30%. 2) Pada varibel body image sebagian besar responden termasuk dalam kategori body image tingkat sedang dengan persentase sebesar 81,62%. 3) Terdapat pengaruh positif antara spiritualitas terhadap body image santriwati dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar p=0,000 (p<0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar rxy=0,256. Artinya semakin tinggi spiritualitas maka akan semakin positif pula body image santriwati. Kemudian, R square yang didapat ialah sebesar 0,065, artinya spiritualitas memberi pengaruh sebesar 6,5% pada body image.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Psikologi Islam
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:28
Last Modified: 05 Jun 2024 03:28
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26616

Actions (login required)

View Item View Item