EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di TK Santa Maria Banjarmasin

Ulya, Nadiya (2020) Strategi Pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di TK Santa Maria Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (472kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah pendidikan untuk anak yang berusia 0 sampai 6 tahun, diselenggarakan dengan tujuan untuk memasilitasi pertumbuhan dan perkembangan dan menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak, dalam mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak usia dini, maka seorang guru harus memilih teknik dan model pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang mayoritas digunakan untuk berkomunikasi antarnegara, bahasa Inggris juga bermanfaat untuk memperluas pergaulan dan bersaing dengan dunia yang lebih luas, dengan adanya hal-hal tersebut kesadaran akan pentingnya penguasaan bahasa Inggris di era informasi ini memunculkan upaya-upaya untuk mempelajari dan menguasai bahasa tersebut sedini mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengenalan Bahasa Inggris di TK Santa Maria Banjarmasin yang meliputi metode, media,materi dan penilaian Bahasa Inggris untuk anak usia dini khususnya di kelompok A. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan ,subjek penelitian ini adalah guru khusus Bahasa Inggris, 12 anak dari kelas A1 dan 13 anak dari A2 di TK Santa Maria Banjarmasin, dan satu orang guru kelas. Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Milles dan Huberman yang dilakukan secara interaktif dengan tahap pengumpulan data, tahap reduksi, display data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukan bahwa pengenalan bahasa Inggris di TK Santa Maria Banjarmasin dilaksanakan pada hari Senin, setiap pengenalan bahasa Inggris anak-anak dikenalkan kosakata baru dan berbicara bahasa Inggris untuk menyapa teman atau guru, anak-anak juga dibiasakan berdo’a dengan bahasa Inggris setiap hari, nama kelompok anak dibuat dengan bahasa Inggris (Red ,Green, Yellow), strategi pengenalan bahasa Inggris yang digunakan meliputi: 1) Metode pembelajaran yang dipergunakan pada saat melakukan kegiatan pengenalan bahasa Inggris adalah bernyanyi, bermain, dengar dan ulangi, tanya jawab, TPR, dan make a match. 2) Media yang digunakan adalah media pandang dan lembar kerja. 3) Materi mengenalkan bahasa Inggris kepada anak menyesuaikan dengan tema yang ada di sekolah, ada beberapa tema yang dikenalkan seperti anggota tubuh ,orang-orang yang ada di rumah, binatang, makanan sehat dan natal. 4) Penilaian yang digunakan adalah observasi, hasil karya, percakapan dan catatan anekdot.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nadiya Uly Nadiya Ulya Nadiya Ulya
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:14
Last Modified: 24 Feb 2020 03:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13718

Actions (login required)

View Item View Item