EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5A DI SDN MAWAR 2 BANJARMASIN

Fuad, Setiawan (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5A DI SDN MAWAR 2 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (41kB)
[img] Text
bagian awal(1).pdf

Download (531kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)

ABSTRAK

Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika Kelas 5A di SDN Mawar 2 Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (I) Dra. Raihanatul Jannah, M.Pd (II) Huriyah, S.Pd, M.Pd. Latar belakang masalah yang terjadi adalah dengan terjadinya pandemi covid-19 maka pembelajaran harus dilakukan via daring. Berdasarkan hasil observasi yang saya lakukan terlihat adanya kendala yang dihadapi guru dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran terutama mateatka, oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas 5A di SDN Mawar 2 Banjarmasin, kendala apa saja yang dihadapi guru dan peserta didik dan bagaimana solusi dalam mengahdapinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas 5A di SDN Mawar 2 Banjarmasin, kendala-kendala yang dihadapi dan solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi guru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Researce) melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 5A yang menerapkan sistem pembelajaran daring di SDN Mawar 2 Banjarmasin. Sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran daring yang dilakukan guru kelas 5A di SDN Mawar 2 Banjarmasin. Hasil dari penelitian yang didapat dari analisis data menunjukkan bahwa: pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas 5A di SDN Mawar 2 Banjarmasin dapat terlaksana dengan cukup baik karena guru selalu mempersiapkan rencana pembelajaran (RPP) dan mempersiapkan video pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran; kendala yang dialami guru yaitu perasaan jenuh, sinyal internet yang tidak stabil serta kurangnya interaksi langsung dengan peserta didik, kendala yang dialami peserta didik yaitu kurangnya motivasi belajar, jaringan yang tidak stabil serta kesulitan menggunakan sistem pembelajaran baru; Solusi dalam menghadapi kendala yang dialami guru adalah latar belakang guru adalah Strata Satu (S1) pendidikan., dukugan pemerintah dalam bentuk bantuan kuota internet, diadakannya webinar. Solusi bagi peserta didik adalah mudah berkomunikasi dengan guru melalui WhatsApp serta mendapatkan video pembelajaran baik melalui WhatsApp ataupun Youtube.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Fuad Setiawan
Date Deposited: 12 Mar 2021 07:07
Last Modified: 12 Mar 2021 07:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15807

Actions (login required)

View Item View Item