EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PREDIKSI CONFORMITY BERDASARKAN SELF DISCLOSURE PADA MAHASISWA UIN ANTASARI BANJARMASIN YANG MENGGUNAKAN INSTAGRAM

Fatimah Azzahra, Fatimah Azzahra (2022) PREDIKSI CONFORMITY BERDASARKAN SELF DISCLOSURE PADA MAHASISWA UIN ANTASARI BANJARMASIN YANG MENGGUNAKAN INSTAGRAM. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
FATIMAH AZZAHRA_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FATIMAH AZZAHRA_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FATIMAH AZZAHRA_ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
FATIMAH AZZAHRA_BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
FATIMAH AZZAHRA_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
FATIMAH AZZAHRA_BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
FATIMAH AZZAHRA_BAB IV.pdf

Download (379kB)
[img] Text
FATIMAH AZZAHRA_BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
FATIMAH AZZAHRA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
FATIMAH AZZAHRA_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Conformity atau konformitas adalah jenis pengaruh sosial yang memerlukan modifikasi pemikiran atau perilaku seseorang agar sesuai dengan kebutuhan kelompok. Orang-orang melakukan conformity karena berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah mereka ingin disukai dan dipilih oleh kelompok sosialnya. Orang akan cenderung menyesuaikan diri agar dapat diterima oleh kelompok sosialnya. Beberapa orang di sisi lain menolak untuk conformity disebabkan karena individu berkeinginan untuk menjadi unik atau berbeda dari orang lain (deindividuasi) dan keinginan untuk mempertahankan kendali atas hidup mereka. Pada dasarnya individu yang mengalami conformity memiliki aspek kepercayaan terhadap kelompok, kepercayaan yang lemah tehadap penilaian sendiri, rasa takut tehadap celaan sosial, rasa takut terhadap penyimpangan, ketaatan dan kepatuhan. Maka dalam hal ini,peneliti ingin melakukan penelitian tentang Prediksi Conformity Berdasarkan Self Disclosure pada Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin yang Menggunakan Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memakai jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Populasi pada penelitian ini adalah 10.863 mahasiswa dengan sampel yang dipakai sebesar 366 mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel non-probability sampling adalah suatu cara untuk memperoleh sampel yang tidak memberikan kemungkinan atau kesempatan yang sama bagi seluruh populasi untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini memakai skala likert dengan analisis data regresi linier sederhana melalui komputer Statictical Packages for Social Science (SPSS) Release 21.0 for window. Adapun hasilnya daripenelitian ini adalah: (1) tingkatan self disclosure pada mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin yang menggunakan instagram didapatkan hasil uji analisis data self disclosure dengan nilai mean sebesar 43.76 dan standar deviasi sebesar 2.877 dengan tingkat self disclosure intensitas tinggi yaitu 19.3% dengan jumlah 65 orang, intesitas sedang yaitu 65.5% dengan jumlah 220 orang, dan intesitas rendah yaitu 15.2% dengan jumlah 51. (2) Tingkatan didapatkan hasil uji analis data conformity dengan nilai mean sebesar 44.27 dan standar deviasi sebesar 5.130. didapatkan hasil yaitu bawa tingkat conformity intensitas tinggi. yaitu 25.6% dengan jumlah 86 orang, intesitas sedang yaitu 61.9% dengan jumlah 208 orang, dan intesitas rendah yaitu 12.5% dengan jumlah 42. (3) Terdapat prediksi signifikan antara terhadap self disclosure (x) terhadap conformity (y) pada mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin yang menggunakan instagram skor signifikasi yakni 0,000 < 0,05 dengan hasil tersebut hipotesis alternative (Ha) diterima, dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 7,8%.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2022 05:16
Last Modified: 28 Jul 2022 05:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19806

Actions (login required)

View Item View Item