EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

علاقة تعليم علم النحو على نتيجة تعلم اللغة العربية في مدرسة الحكمة المتوسطة الإسلامية تابودارات هيلير منطقة هولو سونجاي الوسطى كاليمنتان الجنوبية - "Hubungan Pembelajaran Ilmu Nahwu Terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Hikmah Tabudarat Hilir Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan."

Aslamiah, Syaibatul (2023) علاقة تعليم علم النحو على نتيجة تعلم اللغة العربية في مدرسة الحكمة المتوسطة الإسلامية تابودارات هيلير منطقة هولو سونجاي الوسطى كاليمنتان الجنوبية - "Hubungan Pembelajaran Ilmu Nahwu Terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Hikmah Tabudarat Hilir Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan.". Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI PERNYATAAN syaibatul aslamiah.pdf

Download (349kB)
[img] Text
skripsi awal syaibatul aslamiah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSRAK SYAIBATUL ASLAMIAH.pdf

Download (531kB)
[img] Text
bab 1 skripsi syaibatul aslamiah.pdf

Download (556kB)
[img] Text
bab II skripsi syaibatul aslamiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
bab III skripsi syaibatul aslamiah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab IV skripsi syaibatul aslamiah.pdf

Download (922kB)
[img] Text
bab V skripsi syaibatul aslamiah.pdf

Download (199kB)
[img] Text
daftar pustaka skripsi syaibatul aslamiah.pdf

Download (210kB)
[img] Text
lampiran skripsi syaibatul aslamiah.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini tentang hubungan antara pembelajaran ilmu nahwu dan hasil pembelajaran bahasa arab siswi kelas VII MTs Al-Hikmah Tabudarat Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran ilmu nahwu dengan hasil pembelajaran bahasa arab siswi kelas VII MTs Al-Hikmah Tabudarat hilir semester genap 0202/0202. Secara teori yang dimaksud dengan pelajaran ilmu nahwu adalah bukan sasaran yang menjadi tujuan pembelajaran, tapi ilmu nahwu itu adalah salah satu sarana untuk membantu kita berbicara dan menulis dengan benar serta meluruskan dan menjaga lidah kita dari kesalahan, juga membantu dalam memaparkan ajaran dengan cermat, dan mahir. Sedangkan hasil pembelajaran bahasa arab adalah nilai siswi yang dicapai dalam proses pembelajaran yaitu hasil nilai belajar pada bidang studi bahasa arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung ke obyek penelitian. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif yaitu menyampaikan fakta atau mendeskripsikan data dengan statistik untuk menunjukkan hubungan dua variabel. Subjek penelitian ini adalah semua siswi kelas VII MTs Al-Hikmah Tabudarat Hilir yang berjumlah 27 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh angka koefisien korelasi (rxy) sebesar 258,1, kemudian angka tersebut di interpretasi secara kasar atau sederhana ternyata terletak antara 2,81 – 1522 yang dapat dinyatakan bahwa korelasi antara variabel x dan variabel y tergolong korelasi sempurna. Sedangkan dalam interpretasi dengan berkonsultasi terhadap nilai tabel r product moment, ternyata angka koefisien korelasi (rxy) lebih tinggi daripada r tabel (rt) baik pada taraf signifikansi < 252, yakni 25222 maka berkorelasi atau berhubungan. Jadi, kesimpulan yang dapat ditarik adalah ada hubungan yang sempurna antara pembelajaran ilmu nahwu dengan hasil pembelajaran bahasa arab di kelas VII MTs Al-Hikmah Tabudarat Hilir Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:21
Last Modified: 18 Jul 2023 07:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23844

Actions (login required)

View Item View Item