EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

اسرتاتيجيات تعليم اللغة العربية يف ادلردسسة اإلبتردئية االسالمية بكالاين ب بنجرماسني سالاتن - "Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di MI Nurul Huda Kelayan Banjarmasin Selatan".

Ashab, Khair (2023) اسرتاتيجيات تعليم اللغة العربية يف ادلردسسة اإلبتردئية االسالمية بكالاين ب بنجرماسني سالاتن - "Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di MI Nurul Huda Kelayan Banjarmasin Selatan". Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (914kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (446kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (603kB)

ABSTRAK

Latar belakang dalam penelitian ini ialah Proses pembelajaran akan berjalan dengan baik jika strategi yang digunakan benar-benar tepat, karena antar pendidikan dan strategi saling berkaitan, guru sangat berperan dalam membimbing siswa kearah terbentuknya pribadi yang diinginkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Strategi pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah di Kelayan B Banjarmasin Selatan dan kendala-kendalanya. Jenis metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber.Sedangkan analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan Strategi pembelajaran bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah ini ialah dengan pemberian kosa kata sebelum penyampaian materi, dalam hal menulis dilakukan dengan strategi imla, penerapan maharah dengan perbedaan mufradat sesuai dengan tingkatan kelas. Kendala dalam pembelajaran Bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah ini ialah kebanyakan siswa dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 belum bisa membaca, menulis arab dengan sempurna dan untuk yang belum bisa membaca khususnya kelas yang rendah karena tidak pernah sekolah Tk Al-Qur'an bahkan untuk sekedar pelafalan pun sulit, untuk menulis perkata atau huruf sambung bagi siswa kelas 5 dan 6 sebagian juga masih ada yang belum bisa. Selain itu, Kendalanya biasa di kitabah karena memang ada yang ditulis, siswa yang satu sudah selesai ang satunya masih menulis sampai sekarang kendala ini belum teratasi bagaimana caranya supaya yang lain terpenuhi yang kurang bisa menulis tidak tertinggal, hal ini sering kali menyebabkan kelas menjadi ribut.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:45
Last Modified: 26 Jul 2023 01:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24267

Actions (login required)

View Item View Item