EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kemampuan Berpikir Historis Guru dalam Mata Pelajaran SKI di MI Siti Mariam Banjarmasin

Huda, Noor Tajmatul (2023) Kemampuan Berpikir Historis Guru dalam Mata Pelajaran SKI di MI Siti Mariam Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pentingnya peran guru dalam pembelajaran khususnya di sekolah dasar. Dalam pemberian layanan pembelajaran guru harus memiliki kompetensi profesional, tidak terkecuali dalam pembelajaran sejarah seperti SKI. Kompetensi profesional berkenaan salah satunya dengan kemampuan guru menguasai mata pembelajaran secara mendalam. Adapun pembelajaran sejarah seharusnya diajarkan berlandaskan pada karakteristik sejarah itu sendiri, yaitu berpikir sejarah, (historical thinking). Namun, pada kegiatan pengajaran sejarah di sekolah-sekolah, tatanan mengenai berpikir historis ini masih belum terbangun maksimal dan diketahui masih sedikit guru yang mampu memasukkan proses berpikir historis dalam pembelajaran sejarah. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir historis guru dalam mata pelajaran SKI di MI Siti Mariam Banjarmasin. Jenis penelitian ini penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 1 guru SKI, sedangkan objek penelitian adalah kemampuan berpikir historis guru dalam mata pelajaran SKI di MI Siti Mariam Banjarmasin, pengumpulan data penelitian dengan wawancara, observasi, penilaian diri dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penellitian menunjukkan data penilaian diri yang diisi responden memiliki hasil yang dapat dikatakan “Baik”. Hasil tersebut sejalan dengan hasil wawancara guru dan saat observasi ditemukan 3 dari 5 aspek terkait kemampuan berpikir historis saat pembelajaran berlangsung. Aspek-aspek tersebut mencakup 3 dari 4 komponen berpikir historis yaitu: konsep waktu (kronologis), berpikir dalam konteks, dan kemampuan memahami sebab akibat. Dapat disimpulkan, kemampuan berpikir historis guru dalam mata pelajaran SKI di MI Siti Mariam Banjarmasin sudah “Baik” berdasarkan hasil wawancara, observasi, penilaian diri dan dokumentasi serta ditemukannya 3 komponen berpikir historis dalam proses pembelajaran SKI.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mr mahyudin S.IPust
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:18
Last Modified: 30 Jan 2024 08:18
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26152

Actions (login required)

View Item View Item