EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

وظائف الأسرة لطلبة الصف العاشر المتخرجين من المدرسة المتوسطة العامة على تعلم اللغة العربية في المدرسة الثانوية الإسالمية الحكومية بباراو كاليمنتان الشرقية - "Peran-Peran Keluarga Terhadap Siswa Kelas X Alumni Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Belajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Berau Kalimantan Timur".

Irawan, Yolandha Paramitha (2023) وظائف الأسرة لطلبة الصف العاشر المتخرجين من المدرسة المتوسطة العامة على تعلم اللغة العربية في المدرسة الثانوية الإسالمية الحكومية بباراو كاليمنتان الشرقية - "Peran-Peran Keluarga Terhadap Siswa Kelas X Alumni Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Belajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Berau Kalimantan Timur". Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
KEASLIAN-DOKUMEN.pdf

Download (71kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (787kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Keluarga merupakan figur terpenting dalam pendidikan. Meskipun siswa ditugaskan ke sekolah, keluarga memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa secara langsung maupun tidak langsung. Sebagian keluarga siswa di MAN Berau Kalimantan Timur beranggapan bahwa tanggung jawab mendidik dilimpahkan kepada guru sepenuhnya termasuk dalam belajar bahasa Arab. Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research), pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, sumber data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini keluarga siswa alumni sekolah menengah pertama, siswa dan guru bahasa Arab di MAN Berau Kalimantan Timur. Objek penelitian ini adalah peran keluarga terhadap siswa alumni sekolah menengah umum pertama dalam belajar bahasa Arab. Hasil penelitian terdapat 3 peran keluarga terhadap siswa kelas 10 alumni sekolah umum dalam belajar bahasa Arab di sekolah ini, yaitu: 1) memberikan fasilitas belajar berupa kamus dan internet, 2) membimbing siswa belajar di rumah, 3) memberikan motivasi dan nasihat. Kendalanya ada 3, yaitu: 1) keluarga tidak pernah belajar bahasa Arab, 2) bahasa Arab belum dianggap sebagai mata pelajaran utama, 3) keluarga tidak mengetahui tempat les bahasa Arab. Dampaknya terdiri dampak positif, yaitu: 1) menumbuhkan semangat siswa dalam belajar bahasa Arab, 2) siswa lebih cepat dalam mengerjakan tugas, 3) pengetahuan bahasa Arab siswa senantiasa berkembang. Dampak negatif yang ditimbulkan yaitu tanggung jawab mengajar tertumpu sepenuhnya kepada guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:25
Last Modified: 20 Jun 2023 07:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23352

Actions (login required)

View Item View Item