EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

(Benime) فعالية استخدام تطبيق بينيمي كالوسيلة التعليمية لترقية مهارة القراءة لطلبة الصف السابع في مدرسة الأخوة المتوسطة الإسلامية المتكاملة بنجرماسين كاليمنتان الجنوبية "Efektivitas Penggunaan Aplikasi Benime Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Maharah Qira’ah Siswa VII SMP Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin Kalimantan Selatan"

Khair, Muhammad Iqbal Al (2022) (Benime) فعالية استخدام تطبيق بينيمي كالوسيلة التعليمية لترقية مهارة القراءة لطلبة الصف السابع في مدرسة الأخوة المتوسطة الإسلامية المتكاملة بنجرماسين كاليمنتان الجنوبية "Efektivitas Penggunaan Aplikasi Benime Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Maharah Qira’ah Siswa VII SMP Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin Kalimantan Selatan". Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Di SMP Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin masih menggunakan media lama yang bersifat menoton, sehingga hal itu akan menjadikan pembelajaran qira’ah kurang menarik dan membuat jenuh. Selain itu, media yang digunakan juga membuat siswa untuk sulit menghafal kosakata dalam bahasa arab. Di zaman sekarang, media pembelajaran yang berbasis komputer atau digital lebih banyak disenangi oleh para siswa. Dari semua media digital yang tersedia, salah satu yang dapat dimanfaatkan adalah dalam bentuk vidio. Dengan media vidio, materi pembelajaran akan disampaikan secara realistis, mudah digunakan, mempunyai magnet tersendiri untuk siswa dan bisa menumbuhkan motivasi belajar serta dapat menurunkan kejenuhan pada saat pembelajaran. Aplikasi Benime adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat vidio animasi whiteboard. Whiteboard adalah media animasi bergambar pada komputer yang dapat menampilkan teks gambar bergerak sebagai sarana untuk menyampaikan pesan. Oleh karena itu peneliti ingin mengujikan apakah efektif penggunaan aplikasi Benime sebagai media pembelajaran pada maharah qira’ah siswa kelas VII SMP Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin Kalimantan Selatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah aplikasi Benime Sebagai Media Pembelajaran efektif untuk meningkatkan maharah qira’ah siswa kelas VII di SMP Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin Kalimantan Selatan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendeketan kuantitatif dengan metode penelitian ekperimen dengan kelompok kontrol (Control Grup Pre-test dan Post-test). Yaitu terbagi menjadi 2 kelas, kelas E (kelompok eksperimen) dengan menggunakan media aplikasi Benime dan kelas A (kelas kontrol) tanpa menggunakan media aplikasi Benime. Hasil dalam penelitian ini adalah sesuai dengan perhitungan aplikasi IBM SPSS Statistik Versi 22, bahwa terdapat perbedaan antara hasil nilai post-test siswa antara kelas VII E (kelompok ekperimen) dengan kelas VII A (kelompok kontrol), yaitu dilihat dari nilai rata-rata post-test kelas ekperimen 80,83, dan nilai post-test kelas kontrol 75,00. Dan hasil dari uji U menunjukan 0.01, karena 0,01 lebih kecil dari 0,05, maka dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Aplikasi Benime Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kamampuan Qira’ah Siswa VII SMP Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin Kalimantan Selatan adalah efektif dengan nilai tingkatan 19%.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 16 Dec 2022 00:47
Last Modified: 16 Dec 2022 00:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21201

Actions (login required)

View Item View Item