EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

كفاءة مهنة مدرسي اللغة العربية في المدارس المتوسطة الإسلامية بكاهايان كوالا كاليمنتان الوسطى - "Kompetensi Profesi Guru Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Kahayan Kuala Kalimantan Tengah".

Mawaddah, Najah (2023) كفاءة مهنة مدرسي اللغة العربية في المدارس المتوسطة الإسلامية بكاهايان كوالا كاليمنتان الوسطى - "Kompetensi Profesi Guru Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Kahayan Kuala Kalimantan Tengah". Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (172kB)
[img] Text
AWAL .pdf

Download (923kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (827kB)

ABSTRAK

Adapun permasalahan dalam penelitian ini mengenai proses pembelajaran yang belum kondusif, minat belajar siswa masih rendah, hal itu disebabkan persoalan kompetensi guru khususnya dibidang pedagogik dan profesional. Selain itu sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai tidak memungkinkan guru menggunakan media dan teknologi berbasis komputer. Seorang guru yang profesional dilihat dari kompetensi yang dimilikinya. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana kompetensi guru bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Kahayan Kuala, Kalimantan Tengah. Jenis Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Kompetensi guru Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Kahayan Kuala Kalimantan Tengah ditinjau dari kompetensi pedagogik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, penyusunan RPP dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Ditinjau dari kompetensi profesional yaitu guru yang mengajar bahasa Arab berasal dari Sarjana. Untuk mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan, sebagian kecil guru mengikuti berbagai pelatihan dan bimbingan. Ditinjau dari kompetensi kepribadian yang meliputi guru telah bertindak sesuai norma agama dan hukum, menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia dan menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat. Menunjukkan etos kerja serta menjunjung kode etik profesi guru. Ditinjau dari kompetensi sosial yang meliputi kemampuan guru dalam berkomunikasi, guru telah menggunakan teknologi komunikasi dan informasi, bergaul dan berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik, sesama guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Serta bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 21 Jun 2023 05:25
Last Modified: 21 Jun 2023 05:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23357

Actions (login required)

View Item View Item