EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Metode Tahsin dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Sepuluh SMIP 1946 Banjarmasin

Rahmadaniah, Siti (2023) Penerapan Metode Tahsin dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Sepuluh SMIP 1946 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (784kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (133kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode tahsin, kemudian penerapan, dan faktor penghambat serta solusi dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 10 Madrasah Aliyah Sekolah Menengah Islam Pertama. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, kemudian menggunakan jenis penelitian (research field) penelitian lapangan dan juga menggunakan pendekatan fenomenologi, sesuai dengan siswa dalam mengikuti sebagai dasar pengumpulan data dan mendapatkan hasil dari penelitian tersebut. Berdasarkan hasil wawancara peneliti bersama informan dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan metode tahsin pada siswa kelas 10 MA SMIP bisa membantu siswa belajar membaca huruf Arab berharokat, dan dapat membantu siswa lebih mudah dalam memahami pembelajaran bahasa Arab. Metode tahsin di sekolah MA SMIP dilaksanakan setiap pagi 30 menit sebelum memasuki jam belajar, sebanyak lima siswa yang menjadi responden penelitian berkumpul di perpustakaan untuk belajar metode tahsin, adapun alasan kelima siswa diberikan metode tahsin karena belum bisa mengenal dan membaca huruf Arab berharokat. Sebelum pembelajaran di mulai siswa membaca doa belajar terlebih dahulu, kemudia secara satu persatu siswa dipanggil untuk maju membaca Al-quran dan disimak oleh pengajar, apabila siswa salah membaca huruf al quran guru langsung menegur dan membenarkan bacaan siswa. Ketika semua siswa selesai maju satu persatu maka selesailah pembelajaran metode tahsin. Sebelum keluar perpustakaan siswa membaca doa selesai belajar dan bersalaman pada guru. Faktor penghambat dalam belajar metode tahsin adalah Keterbatasan waktu guru, jika guru sibuk maka siswa akan jarang bisa belajar metode tahsin Faktor pendukung dalam metode tahsin, adanya niat‌ dan semangat dalam diri siswa untuk belajar membaca huruf Arab berharokat, tanpa adanya niat maka segala sesuatu tidak akan berjalan pada semestinya, adanya kesiapan dalam diri siswa maupun guru pada pembelajaran baik kesiapan secara fisiologis maupun psikologis.

Item Type: Skripsi
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:42
Last Modified: 22 Jan 2024 01:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25865

Actions (login required)

View Item View Item