EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

فعالية استخدام استراتيجية القراءة الجهرية والإملاء المنظور في تعليم مهارة الكتابة لطلبة الفصل السابع بمدرسة نور الفلاح المتوسطة الإسلامية جوي منطقة بلانجان "Efektivitas Penggunaan Srategi Qira’ah Jahriyah dan Imla Mandzur dalam Pembelajaran Maharah Kitabah pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Juai, Kabupaten Balangan"

Sya’diah, Halimatus (2023) فعالية استخدام استراتيجية القراءة الجهرية والإملاء المنظور في تعليم مهارة الكتابة لطلبة الفصل السابع بمدرسة نور الفلاح المتوسطة الإسلامية جوي منطقة بلانجان "Efektivitas Penggunaan Srategi Qira’ah Jahriyah dan Imla Mandzur dalam Pembelajaran Maharah Kitabah pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Juai, Kabupaten Balangan". Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN ( Halimatus Sya'diah ).pdf

Download (151kB)
[img] Text
AWAL ( Halimatus Sya'diah ).pdf

Download (754kB)
[img] Text
ABSTRAK ( Halimatus Sya'diah ).pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB I ( Halimatus Sya'diah ).pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB II ( Halimatus Sya'diah ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB III ( Halimatus Sya'diah ).pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV ( Halimatus Sya'diah ).pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB V ( Halimatus Sya'diah ).pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ( Halimatus Sya'diah ).pdf

Download (339kB)
[img] Text
LAMPIRAN ( Halimatus Sya'diah ).pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Dalam pembelajaran bahasa Arab, terdapat strategi yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan para siswa. Untuk memudahkan proses pembelajaran dan membuat siswa lebih aktif, maka diperlukan pembaharuan strategi pembelajaran. Kemudian peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan strategi qiraah jahriyah dan imla mandzur dalam pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi qiraah jahriyah dan imla mandzur dalam pembelajaran maharah kitabah pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Juai, Kabupaten Balangan. Jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII yang berjumlah 36 siswa, dan sampelnya adalah semua siswa kelas VII yang terdiri dari 23 siswa dikelas kontrol dan 23 siswa dikelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen, akan tetapi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test pada kelompok kontrol. Nilai rata-rata pre-test adalah 51,36 dan nilai rata-rata post test adalah 70,45 pada kelompok eksperimen, perbedaannya adalah 19,09 bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen. Dan nilai rata-rata pre-test adalah 63,64 dan nilai rata-rata post test adalah 69,55 pada kelompok kontrol, perbedaannya adalah 5,91 bahwa terdapat tidak perbedaan yang signifikan pada kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan aplikasi SPSS 29. Dan dapat dinyatakan bahwa penggunaan strategi qiraah jahriyah dan imla mandzur dalam pembelajaran maharah kitabah pada kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Juai, Kabupaten Balangan adalah efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:04
Last Modified: 13 Jul 2023 04:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23643

Actions (login required)

View Item View Item